WORKSHOP METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF BERBASIS ETNOGRAFI DAN ETNOMETODOLOGI BAGI DOSEN FKIP UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Universitas Nusantara PGRI Kediri merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Kediri, memiliki visi yaitu menjadi perguruan tinggi dengan reputasi nasional yang unggul dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, yang diimplementasikan dalam bentuk tridharma perguruan tinggi; melaksanakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan penelitian sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi, harus terus diupayakan dan ditingkatkan secara berkelanjutan, serta dilaksanakan oleh para dosen. Salah satu upaya peningkatan kualitas kemampuan dosen Universitas Nusantara PGRI Kediri adalah dengan memberikan penguatan metodologi penelitian kualitatif. Sehubungan dengan upaya peningkatan kemampuan dosen dalam bidang metodologi penelitian kualitatif ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri melakukan workshop metodologi penelitian kualitatif pada tahun anggaran 2022 yang difokuskan pada penguatan jenis penelitian Etnografi dan Etnometodologi, dengan melibatkan dosen dan mahasiswa FKIP UNP Kediri sebagai pesertanya. Hal ini mendukung visi dan misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri menjadi fakultas yang unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas pada tahun 2025.

Kegiatan ini berbentuk workshop yang dikemas secara luring bagi Dosen di lingkungan FKIP UNP Kediri dan daring bagi mahasiswa di lingkungan FKIP UNP Kediri semester 5, dengan metode pemaparan teori dan diskusi berbasis masalah di lapangan secara praktis, logis, dan sistematis. Workshop ini bertema Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif Etnografi dan Etnometodologi. Kegiatan workshop kombinasi kuliah tamu secara daring dapat diakses melalui tautan Live YouTube UNP Kediri. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan workshop ini, antara lain: (1) menambah khasanah ilmu pengetahuan dan memperdalam pemahaman terhadap metode penelitian kualitatif berbasis etnografi dan etnometodologi; (2) meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa di lingkungan FKIP UNP Kediri dalam penelitian ilmiah; (3) menyamakan persepsi para dosen untuk memahami hal-hal penting dalam penelitian, khususnya dasar teori penelitian kualitatif berbasis etnografi dan etnometodologi.

Kegiatan workshop ini diadakan pada tanggal 28-31 Desember 2022 dengan serangkaian kegiatan yang sistematis dan praktis dalam menyusun kerangka penelitian yang dimanifestasikan dalam bentuk proposal penelitian kualitatif. Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Anwar Efendi, M.Si yang merupakan Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, juga didukung oleh tim fasilitator workshop dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Kegiatan Workshop Metodologi Penelitian Kualitatif FKIP tahun 2022 yang mengangkat tema “Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif Etnografi dan Etnometodologi” secara keseluruhan berjalan lancar. Diawali dari beberapa persiapan sebelum tanggal pelaksanaan kegiatan workshop diantaranya dengan penyiapan tema untuk pelaksaan kegiatan dan topik yang akan dibawakan pembicara. Workshop Metodologi Penelitian Kualitatif tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 29-31 Desember 2022 bertempat di ruang A-5 Kampus 1 UNP Kediri dengan jumlah peserta sebanyak 60 peserta yang terdiri dari Dosen di lingkungan FKIP UNP Kediri, dengan tingkat prosentase 70%. Acara kegiatan dihadiri oleh Dekan FKIP, Ketua Program Studi di lingkungan FKIP UNP Kediri, Dosen di lingkungan FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. Acara workshop diawali dengan melakukan resgistrasi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Rektor UNP Kediri.

Acara inti dimulai narasumber utama dengan pemaparan oleh Prof. Dr. Anwar Efendi, M.Si Guru Besar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY, dengan dibantu oleh moderator Bapak Nara Setya Wiratama, M.Pd. Intisari materi adalah pemaparan tentang etnografi dilakukan oleh sekelompok orang, yang mencoba menemukan keunikan yang diformulasikan dalam sebuah konstruk. Posisi etnografi kekuatannya dalam kemampuan dalam merasionalkan dan menjelaskan yang diikat dalam konteks. Begitu juga tentang penelitian etnometodologi, namun yang menjadi perbedaan adalah dilakukan pada satu individu. Narasumber juga menyampaikan berbagai hibah penelitian yang bisa diikuti oleh Dosen dalam menerapkan penelitian. Skim penelitian Dikti 2023 misalnya, maka peneliti dalam hal ini Dosen harus memiliki track record atau peta jalan penelitian di tahun 2023.

Ketercapaian dari kegiatan workshop metodologi penelitian kualitatif ini adalah dosen FKIP UNP Kediri dapat menyelesaikan proposal penelitian kualitatif berbasis etnografi dan etnometodologi secara tim atau kelompok dengan jumlah proposal penelitian sebanyak 9 proposal dengan tingkat prosentase 34%. Implikasi dari kegiatan ini adalah bahwa para dosen FKIP UNP Kediri mampu untuk mengintrepretasikan, mendeskripsikan, menganalisa berbagai fenomena secara alamiah dalam konteks sosial budaya, kemudian ditetapkan sebagai fokus penelitian. Hal ini juga mendukung tercapainya tujuan diadakannya kegiatan workshop yaitu Dosen dilingkungan FKIP UNP Kediri dapat memahami konsep metode penelitian kualitatif berbasis etnografi dan etnometodologi.

(Mumun Nurmilawati, Setya Adi Sancaya, Hanggara Budi Utomo, Encil Puspitoningrum, Nara Setya Wiratama, Abdul Aziz Hunaifi, Sulistyani, Ayu Jelita Ningrum)